Jumat, 05 April 2013

Cara mudah Repair Windows 7

Sharing dari pengalaman saya repair Windows nih, bagi para pengguna windows 7 mungkin pernah mengalami kerusakan pada file windows, misalnya seperti windows explorer not responding, komputer menjadi sering error, aplikasi sering not responding, dan masih banyak yang lainnya.. dan biasanya kalo udah gedeg banget pasti langsung ke tahap inul alias instal ulang, sebenernya pilihan untuk inul sih sah-sah saja, tetapi mungkin akan memakan banyak waktu untuk back-up data kemudian install banyak aplikasi lagi.. apalagi kalo yang gak ngerti urusan installasi OS dan software komputer, paling2 dibawa ke tukang servis dan ujung-ujungnya harus keluar biaya -_- , daripada ngeluarin uang untuk inul ke tukang servis mening juga buat beli CIRENG.. hahaha..


Oke, Sebenernya ada beberapa cara untuk memperbaiki file yang hilang atau yang rusak milik Windows yaitu dengan memanfaatkan salah satu fitur dari Windows 7 itu sendiri.
Cara pertama, kita akan melakukan repair windows dengan mengunakan CD installer windows.. yang belum punya CD-nya tenang aja, kita bisa bikin sendiri, langkah-langkahnya :
  1. Klik Start, kemudian ketik system repair disc, klik Create a Syetem Repair Disc
  2. Akan keluar window Create a System Repair Disc. Pilih media disc yang akan dipakai.
  3. Masukkan sebuah kepingan CD kosong ke dalam DVD/CD RW dan lanjutkan dengan klik tombol Create disc. 
  4.  Setelah selesai, keluarkan kepingan CD yang telah anda buat dari DVD/CD RW

Sekarang kita punya kepingan CD yang dapat digunakan sebagai repair disc Windows 7 di komputer atau notebook. Terus, gimana cara menggunakan CD repair windows yang sudah dibuat tadi?
  1. Booting komputer atau notebook dengan menggunakan CD yang telah kita buat. Pilih Windows Setup [EMS Enabled] untuk masuk ke dalam menu system repair.
  2. Setelah proses booting selesai, kita bisa mengakses System Recovery Options dan mengembalikan System image yang telah dibuat sebelumnya.
  3. Kemudian pilih jenis recovey yang akan dijalankan untuk memulihkan sistem operasi Windows 7 pada notebook atau PC sesuai dengan kondisi kerusakan system yang anda hadapi. Jika ingin menggunakan system image yang telah dibuat, klik system image recovery dan ikuti langkah-langkah beriutnya sesuai dengan petunjuk yang disediakan. 
  
Selesai^^

Cara yang kedua, kita tidak perlu menggunakan CD installer windows untuk repair windows. Berikut langkahnya:
  • Klik start, lalu cari command prompt dengan mengetikkan cmd.
  • Klik kanan pada icon cmd tersebut lalu pilih Run As Administrator. Maka akan muncul jendela baru command prompt.
  • Setelah muncul jendela baru, silakan anda ketik tulisan berikut ini: Sfc /scannow
Tunggu hingga proses berjalan selesai 100%. Ini memerlukan beberapa menit untuk memperbaiki file windows anda yang missing atau corrupt.

  • Jika proses sudah selesai, silakan tutup semua aplikasi yang berjalan dan restart komputer anda. Untuk merestart komputer juga akan berjalan lama karena windows akan mengupdate informasi file windows anda.
Jika komputer sudah terestart dengan baik, maka windows kamu akan kembali berjalan normal seperti sedia kala. Namun jika pada saat proses sedang berjalan dan tiba-tiba windows menyuruh kamu untuk memasukkan CD installer windows, maka kamu harus memasukkan CD installer windows ke dalam komputer.
Sampai sini dulu tutorialnya, pesan saya kalo masih bisa di-repair ngapain install ulang?? sory kalo ada yang kurang jelas dalam tutorialnya..
Semoga Bermanfaat :D

4 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih sob infonya

JualBeliApaAjaOnline mengatakan...

Terima kasih banget infonya gan,simpel,jelas dan mudah dimengerti oleh newbie sprti sy,harusnya blog ini menjadi urutan yg paling atas alias nomor wahid,semoga blog agan tambah maju dan paling laris,ditunggu info" yg lainnya gan...

Unknown mengatakan...

Thanks, sangat membantu, jempol dua!!!

MENGENAL HEWAN mengatakan...

makasi gan, infonya sangat membantu,,, :D

Posting Komentar

 

By Bakti Nugraha 2010 - Putra Pandeglang Follow @baktinoegraha dan FB Bakti Nugraha