Jumat, 12 April 2013

Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit


Oke sob, masih banyak temen yang nanya soal perbedaan Windows 32 bit dan windows 64 bit, mereka bilang Padahal masih sistem operasi yang sama.. terus apa bedanya? Oke, tentu ini bukan hanya soal angka saja ya, Perbedaan versi ini menentukan program apa saja yang bisa berjalan di laptop kita. Selain itu, kita tidak bisa sembarangan menginstall Windows tanpa menyesuaikan versinya dengan spesifikasi laptop kita. Makanya, penting untuk mengetahui apa perbedaan Windows versi 32-bit dan 64-bit. Oke.. pada dasarnya perbedaan system 32 bit dengan 64 bit itu terletak pada
processor-nya, jika processor 64 bit keluaran Intel diberi kode EM64T (Intel Dual Core atau Core2Duo) dan keluaran AMD diberi kode 64 diakhir seri (Athlon 64), kalo komputer anda generasi Pentium 3 kebawah sudah pasti systemnya 32bit. Untuk OS mulai XP sampai sekarang sudah ada 32 bit dan 64 bit, tetapi dari XP kebawah seperti winme, win98 dst masih menggunakan system 32 bit.

Pada teorinya system 64 bit itu lebih cepat dalam memproses suatu data dibandingkan dengan system 32 bit. Bahkan dalam menangani memory RAM pun 32 bit hanya mampu 4Gb tapi pada komputer kadang terbaca hanya 3,25Gb saja sedangkan untuk system 64 bit bisa lebih dari 4Gb.
Untuk saat ini lebih banyak software atau perangkat lunak yang support system 32 bit sedangkan untuk 64 bit masih jarang, tetapi banyak pula software 32 bit bisa di install di 64 bit, kecuali software driver dan anti virus harus sesuai dengan versi OS yang diinstal di komputer atau laptop sobat.
Setelah mengetahui Kelebihan, Kekurangan, Perbedaan System 32 bit dan 64 Bit sobat bisa menentukan ingin menggunakan system 32 Bit atau 64 Bit dengan catatan hardware atau perangkat keras anda sudah support 64 Bit.
Hal lain yang perlu diketahui adalah bahwa sebagian besar program yang didesain untuk versi 32 bit biasanya bisa berjalan di versi 64 bit, namun program yang didesain khusus untuk versi 64 bit tidak dapat berjalan pada versi 32 bit. Berbeda dengan program, driver yang didesain khusus untuk versi 32 bit tidak akan bekerja pada komputer yang menggunakan versi 64 bit, begitu pula sebaliknya.

Sebagian dari Anda mungkin membeli laptop yang sudah terinstall dengan Windows dan ingin tahu versi berapakah Windows yang terinstall di dalam laptop. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melakukan langkah berikut ini:
  • Klik start, kemudian klik kanan pada ‘Computer’ dan pilih ‘Properties’ 
  • Di bawah tab ‘System’ kamu bisa melihat tipe sistem yang terinstall di laptop-mu. Biasanya versi 32-bit tertulis sebagai x32 dan versi 64-bit tertulis sebagai x64
Semoga nambah ilmunya & bisa bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar

 

By Bakti Nugraha 2010 - Putra Pandeglang Follow @baktinoegraha dan FB Bakti Nugraha