Minggu, 03 Maret 2013

Bootable berbagai OS dan tools dengan SARDU

Pernah ga kepikiran buat punya 1 keping DVD atau Flashdisk atau Harddisk external berisi Windows XP, Windows 7, Windows 8, Ubuntu, berbagai antivirus dan tools lainnya yang bisa bootable?? Mungkin buat sebagian orang ini udah ga aneh lagi, tapi lain halnya buat yang belum tau info ini, bisa jadi tambahan ilmu pengetahuan donk, cocok buat kamu yang pengen jadi teknisi IT.. Jujur saya juga bru tau hal ini beberapa bulan lalu dari temen kuliah saya, ya ga ada salahnya kan lanjut sharing buat yang belum tau..
Nah buat bikin bootable tools dan beberapa OS dalam satu device sotage saya pake bantuan aplikasi yang namanya SARDU (Shardana Antivirus Recovery Disk Utility). Kalo kita mau device storage(flashdisk,CD/DVD,atau bahkan Harddisk external) berisi bootable Windows XP, Windows 7, 8, Linux, atau Hiren's boot CD saya kasi tau caranya ya..

  • Yang belum punya aplikasinya bisa download dulu disini >> Download SARDU
  • Kalo sudah selesai didownload, kemudian ekstrak ke suatu folder di drive yang space-nya masi cukup kosong, kalo bisa aga besar
  • Jalankan file Sardu.exe, kira-kira tampilannya seperti di bawah ini.

  • kemudian Copy file iso Operating system yang diinginkan ke folder yang namanya iso, itu bisa berupa file windows XP, 7, 8, Ubuntu dll yang namanya tersedia pada aplikasi Sardu ini.
  • Jika file iso windows xp, 7, hiren's dll sudah ada di folder iso, mka lanjutkan installasinya
  • perhatikan tanda ceklist yang ada di semua tab, itu artinya file itulah yang akan ditransfer di DVD, flashdisk atau Harddisk external anda.
  • apabila anda menginginakn membuat bootable flashdisk, klik gambar flashdisk di sebelah kanan, tetapi sebelumnya pastikan dulu flashdisk sudah dicolok ke pot flashdisk/USB dan selanjutnya proses, dalam proses ini membutuhkan waktu aga lama.. jadi sabar ya^^
  • Apabila kita menginginkan bootable DVD, kita klik gambar disk maka proses akan segera berjalan membuat satu file iso baru yang berisi Windows XP, Windows 7, Ubuntu dan Hiren's. Jika sudah selesai, kita bisa burn file iso tersebut dengan burning software favorit kita.
  • Ketika proses sudah selesai dan sardu sudah terpasang pada device storage kita, maka sudah dapat kita pakai.. tapi sebelumnya set bios PC kita agar boot dari device storage kita.
Selamat mencoba & semoga bermanfaat ya^^

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Gak support window 8 gan

Lindeux mengatakan...

bisa support..........saya sudah coba dan bisa

Posting Komentar

 

By Bakti Nugraha 2010 - Putra Pandeglang Follow @baktinoegraha dan FB Bakti Nugraha