Sabtu, 23 Maret 2013

Dilema Fresh Graduate[Mahasiswa Informatika]



Ya...seperti itulah kurang lebih keadannya. Apa yg ada di kuliahan itu banyak nya gak nyambung ama dunia kerja, bahkan beberapa pejabat kampus pun tau kok.
Rektor saya waktu wisuda bilang kurang lebih begini :
"Kok semuanya gk diajarin ? Iya memang, klo semuanya diajarin, waktu dan uang kalian tidak akan cukup".

Hmm...memang itu benar, tapi.. kok cukup ya buat belajar :
Pengetahuan lingkungan  (2 sks)
Fisika dasar 1 - 2 (8 sks + praktikum)
Kalkulus 1, 2, lanjut (11 sks)
Matriks dan ruang vektor (3 sks)
Teori bahasa dan automata (3 sks)
Bahasa rakitan (2 sks)
Metode penelitian (2 sks)
Metoda numerik (2 sks)
(Pancasila dan kewarganegaraan juga gk guna buat kerja, tapi diharuskan ama pemerintah)

Iya tapi kan itu diajarin untuk membentuk pola pikir, logika yang bla .. bla .. bla .. etc...
Silahkan ngomong gitu ke HRD dan liat hasilnya !! Conto :
Perusahaan  :
"Hmm... bisa PHP ? udah sampe mana ? "
"Javascript pernah pake framework?"
"Pernah ngerjain proyek? "
"Pernah pake framework apa aja? "
"Tau cross site scripting gk? SQL Injection?"
"HTML5, CSS3 ???"
"MYSQLI? Tau PHP Curl ?????????????????? "
"Linux pernah pake ?"

*:: Untung gk ditanya "Tau paamayim nekudotayim operator gk ?" ::*

Saya:
(baru aja lulus, proyek dari mana ??)
"PHP... Belon, baru belajar sendiri doang." (lewat google tentunya!!)
"Belon, baru koding2 dasar aja" (framework nya sih tau, tapi blm bisa pake. Tau lewat google !)
"cross site scripting gak tau caranya, denger sih pernah" (denger di internet juga)
"SQL Injection tau, tp gk pernah belajar" (ceritanya saya anak baik, gk suka hacking, cracking)
"HTML5, CSS3 baru tau doang, gk pernah belajar" (saya cari sample webnya aja gk ketemu ?_? )
"Linux...gk bisa" (klo pake doang sih bisa, tapi gk paham)
"PHP curl ?" (apaan ya? langsung deh pulang2 liat di.....google !)
Itu semua ditanyain ketika saya ngelamar di sebuah perusahaan hosting sebagai...
Web application programmer ? bukan..
Techinal Admin ? bukan..
Teknisi ? bukan...
tapi sebagai customer support, yang merangkap juga customer service, dengan gaji 2jt, dan dia minta nego lagi..

Dan sampe saat ini saya tidak akan bisa diterima di perusahaan tst klo gk bisa linux !!
Hanya google yg bisa menyelamatkan saya ... !!

Seandainya saya ngomong:
"Pak tapi saya kan saya lulus kalkulus 1 sampe lanjut lhooo.., fisika aja lulus 8 sks, ditambah matriks dan ruang vektor.. Oh iya, saya juga tau bahasa daerahnya komputer lho.. bahasa rakitan, pasti logika saya sudah bla.. bla.. bla.. "
mungkin dia pikir "Bodo amat..gw dan bos gw gk peduli"
Ya..teknologi kan berkembang terus, bukan salah siapa2 klo kita ajarin apa yg ada sekarang, ternyata 4-5 tahun lagi udah gk kepake..

Ya, betul, sayangnya tidak ada garansi uang kembali jika apa yg diajarin "kadaluwarsa". Seperti diagram diatas, setelah lulus, ujung2 nya google lebih berjasa (GRATIS pula)
Seandainya saya lulus 4 tahun dengan IPK 3.8, tapi gk tau "dunia rimba" nya alam informatika, nasib saya pun gk jauh beda.
Jadi lebih baik IPK saya 2.70 saja, tapi saya:
1. Banyak coba2 hal2 yg ada hubungannya ama jurusan, seperti coba2 linux, PHP, database, framework, hacking, cracking, jaringan dan - ini penting - buatlah anda terkenal bahwa anda itu jago ! Darimana dapet pengetahuannya??? Googling aja!
2. Perbanyak koneksi, kalau bisa sih sangat banyak sekali! Percayalah, orang IPK 4 pun bisa anda kalahkan dalam seleksi kerja! Tapi ya yg nomor 1 juga wajib, kecuali kerjanya agak melenceng dari jurusan, ato tidak pake kemampuan teknis yg berat.
Lalu apa dong solusinya? Kritik wae bisanya...
Weleh, klo saya tau solusi pastinya, emang mau bayar berapa sebagai konsultan kampus ? (maklum lagi butuh duit, wkwkwk)
Ya, saran lah !!!
Saran sih :
Hilangkan mata kuliah yg gk dipake, gk usah pake embel2 melatih otak lah, daya analisa lah.
Daya analisa dikembangkannya ya sesuai dgn jurusan dong, to the point, kan waktu terbatas..
Adanya penjurusan.
Jadi nanti mahasiswa diperlihatkan bidang2 yg tersedia di dunia kerja dan dipandu dalam pemilihannya,
conto :
Bidang database (DB admin, DB report, DB Application)
Analyst
Application programming
Web programming dan dunia internet
Teknisi
dll nya..
Kampus mestinya kan udah tau dong, produk (mahasiswa) ini nantinya bakal laku dimana aja..

Penjurusan itu isinya kurang lebih :
- Panduan tentang apa yg harus dipelajari, bukannya cuma mindahin isi slide ppt dosen ke catetan, trus dipindahin lagi ke kertas ujian -.-". Materi slide ppt nya bisa didapet dari google lagi ... -.-" -.-"
Di era informasi udah gk jaman menghapal trus ditanya hasilnya, tapi seharusnya hapal karena terbiasa.
- Memberi informasi dari dan ke lapangan kerja.
- Fasilitas praktek
- Memberikan masalah yg sering muncul di dunia kerja dan biarkan mahasiswa mengatasinya.
Tapi jadi sempit dong, ntar bisanya cuma di salah satu bidang doang...
Daripada gk tau apa-apa? Maunya luas, general, ujungnya gk tau dan gk bisa apa. Lagipula memang itulah dunia profesional. Yg jago di database report gk tau menahu urusan advaced web programming & technologies. Sepengetahuan saya, di negara maju seperti itu, jadi setiap orang jago di satu bidang, tapi bisa jadi gk tau apa2 samasekali di bidang lain. So..face it, or get nothing!
Ok..sekarang million dollar question!! Lu bikin gini dah dapet kerja blon ? 
Saat ini belon, dan justru itu saya bisa bikin gini. Nah trus dah tau faktor yg bisa bikin diterima kerja, kok masih blon dapet kerja? Ok, ini penjelasannya :
Hobby :
Waktu saya masih kuliah, hobby saya macem2, ada yg sesuai jurusan, ada yg tidak. Intinya, saya tidak fokus ke yg sesuai jurusan, apalagi spesifik ke web programming dan sodara2 nya. Temen saya ada yg hobby nya spesifik, dan dia bisa kerja lebih mudah.
Koneksi :
Ada temen saya yang berjasa bisa membuat saya kerja praktek di perusahaan bergengsi di indonesia, hanya karena 1 hal : Koneksi, dan dia sekarang sudah kerja disana.
Google :
Pengalaman pribadi, apa yg ditanya ke saya bisa saya dapetin di google, tapi perlu waktu untuk memahaminnya, sekarang sedang proses.

Ya itulah karena hanya 1 dari 3 faktor penentu yg saya punya, dan yg satu itupun sebenarnya lebih berguna saat sudah masuk kerja, bukan saat melamar kerja (untuk kasus saya), akhirnya belon dapet kerja deh.
source:http://hanz222.blogspot.com


0 komentar:

Posting Komentar

 

By Bakti Nugraha 2010 - Putra Pandeglang Follow @baktinoegraha dan FB Bakti Nugraha