Jumat, 29 Maret 2013

Hati-hati dengan Rayuan Antivirus Palsu

Pernah mengalami ketika kita memasang antivirus kemudian melakukan scanning, justru hasilnya malah merugikan kita seperti merusak sistem komputer/PC, menyerang file-file yang ada di PC dll. Niat untung eh ujungnya malah buntung pemirsa -_- hati-hati itu biasanya pekerjaan atau ulah antivirus palsu.

Berbagai cara dilakukan oleh pencipta malware untuk menyerang PC. Mulai dari cara langsung, berkedok email sampai dengan berbalut sebuah software antivirus. Untuk itu ada beberapa tips untuk mengidentifikasi malware yang berkedok antivirus tersebut.
Saat ini muncul berbagai macam antivirus palsu yang tersebar dan menawarkan diri untuk diunduh secara gratis. Rata-rata antivirus palsu tersebut menggunakan variasi, style dan nama yang berbeda-beda. Namun, terdapat hal lain yang dapat membedakan antivirus palsu tersebut dengan yang asli."

antivirus palsu tersebut rata-rata akan menawarkan jasa scanning otomatis ke perangkat penggunanya dan di akhir tugasnya, software tersebut akan memberitahukan bahwa perangkat penggunanya telah terinfeksi oleh virus atau malware.

Terkadang ada antivirus palsu yang 'meminta bayaran' apabila penggunanya ingin melakukan scanning secara menyeluruh. Namun saya sarankan untuk tidak secara langsung memasukkan informasi seputar kartu kredit yang dipunyai karena info tersebut akan secara langsung dicopy dan digunakan oleh cybercriminal untuk tujuan lain, Ketika notifikasi terdapatnya spyware tersebut muncul dan diklik oleh penggunanya, maka malware berkedok antivirus tersebut akan memulai aksinya yang seakan-akan sedang melakukan scanning terhadap seluruh isi di dalam komputer. Setelah proses scanning berakhir, muncul satu notifikasi lain yang menyuruh penggunanya untuk memasukkan informasi kartu kredit. Akan tetapi ada juga yang antivirus palsu yang melakukan scanning justru bertujuan untuk merusak & menginfeksi PC kita.

bagi  pengguna PC atau handset yang telah terinfeksi perangkatnya oleh malware antivirus palsu untuk menggunakan software yang asli dan melakukan scanning secara menyeluruh. Setelah itu diharapkan untuk melakukan reboot dan masuk ke dalam safe mode dan memulai scanning sekali lagi.
Berikut ini adalah daftar nama antivirus palsu yang sebenarnya adalah virus.
  1. MS Antispyware 2009
  2. Antivirus System Pro
  3. Antivirus 2009
  4. Antivirus 2010
  5. Antivirus Pro 2009
  6. Antivirus 360
  7. Antivirus Pro 2010
  8. Antivirus BEST
  9. Anti-Virus-1
  10. Total Security 2009
  11. System Security 2009
  12. System Security
  13. Alpha Antivirus
  14. Cyber Security
  15. Personal Antivirus
  16. Security Center
  17. Windows Enterprise Suite
  18. Windows Police Pro
  19. Winshield 2009
  20. Green AV
  21. Windows System Suite
  22. Windows Protection Suite
  23. PC Antispyware 2010
  24. Control Center
  25. FraudTool MalwareProtector
  26. Braviax
  27. Malware Doctor
  28. WinPC Defender
  29. Spyware Guard 2008
  30. System Guard 2009
Daftar antivirus di atas adalah sample saja, mungkin masih banyak lagi Antivirus palsu yang beredar, saran saya agar anda tetap berhati-hati dalam berkomputer ria ya^^ gunakan Antivirus yang pasti-pasti aja alias yang sudah umum digunakan dan terbukti khasiatnya(emang obat) hahaha.. seperti AVG Free atau bahkan lebih disarankan yang Pro bila anda memiliki cukup dana untuk membeli lisensinya, akan tetapi sejauh ini saya hanya menggunakan AVG Free edition dan Smadav sudah cukup untuk proteksi PC saya dari serangan malware & teman-temannya.. saran terakhirnya sering-sering update antivirus databasenya ya, jangan lupa lupa juga buat rajin scanning^^

0 komentar:

Posting Komentar

 

By Bakti Nugraha 2010 - Putra Pandeglang Follow @baktinoegraha dan FB Bakti Nugraha